Anakku Superaktif

Nicholas Subagyo

Nicholas Subagyo

Anakku Nicholas Subagyo sampai sekarang ini aku tulis diary pertumbuhannya  (27/10/11) sudah berumur 2,2 tahun, sungguh dia tumbuh sebagai anak laki-laki yang over aktif, sampe aku dan suamiku pernah khawatir dan mencurigai dia Hiperaktif, Puji Tuhan dari penjelasan dr. Julius Efendi SpKJ dari RSJ menur Surabaya (saat itu aku mengunjungi stand-nya yg sedang  ikut pameran di alun-alun Madiun tempat aku tinggal), aku mendapat penjelasan mengenai Nico secara gamblang, setelah diobservasi sekitar 1 jam, anakku dinyatakan BUKAN Hyperaktif tetapi malah memiliki intelegensia/ kecerdasan diatas rata-rata anak seumurannya (tentang aktif dan hyperaktif  aku buat tulisan sendiri di judul lain).

Intelegensianya ini menyebabkan salah satunya gerak berlebihan sehingga menjadi anak yang super aktif, karena energinya dan rasa ingin tahunya yang sangat besar, tetapi dia masih punya konsentrasi dan komunikasi yang baik dan normal, lain hal dengan anak yang (maaf) hyperaktif…. aku dan suamiku sangat lega.  Rasa ingin taunya membuat dia sering dianggap trouble maker dan membuat aku kewalahan, walau tak jarang aku dan papanya berdecak kagum melihat

Hobby banget sama computer

Hobby banget sama computer

tingkahnya seperti hobinya mencoba alat-alat elektronik, mencet-mencet  tombol TV, DVD Player sampe Laptop papanya, dia tertarik pada hukum sebab akibat, aku masih sangat ingat saat dia usia 1 th, dari hasil exsplore-nya dia sudah bisa nyetel CD di DVD player, ngoperasiin remote control, nyalain TV, tau proses nyetir mobil dari mulai masukin kunci, narik persneleng dll, tau tombol-tombol untuk nyalain tape mobil, wiper, lampu ritting dll semua tanpa diajarin terjadi karena dia hobi mencet-mencet, tentu saja itu segi positifnya, segi negativenya 2x aku ganti mesin DVD (beli baru), walo tak melulu salahnya nico karena aku beli merk abal-abal juga,he…..Aku beranggapan orang dewasa yang belajar pasti juga trial and error gak langsung bisa, seperti penemu-penemu hebat di dunia ini, jadi aku maklum saja sama anakku. Papanya sering ketar ketir mobilnya rusak yang nanti berimbas biaya tambahan.

Kecapean lari-lari

Kecapean lari-lari

Rasa ingin tahunya yang besar juga membuatku segan pada tetangga atau orang lain yang kebetulan aku kunjungi, seperti tetangga tetangga, karena tempat yang menarik bagi Nico adalah tempat yang ada elektroniknya, seperti TV, Sound system, Radio, Kulkas dll dimana dia akan main pencet-pencet, seperti dia penasaran dari mana lampu kulkas nyala, semua tombol dia pencet akhirnya dia menyadari ada sentil kecil kalo dia pencet lampu mati dan gak dipencet nyala, dia langsung teriak “wow..mama2!!!”  bla2 sibuk berbagi exciting dengan mamanya, tanpa peduli wajah cemberut mamanya. Pernah juga pas aku ikut Darma Wanita di kantor suaminku, dia utak atik sound system di ruangan, sehingga system suara terganggu, sekali lg dia berteriak “wow…!!!” diiringi tepuk tangannya sendiri (Nico punya kebiasaan bertepuk tangan sendiri kalau dia berhasil) sementara mamanya sibuk melarang diiringi tangisan meronta-rontanya gak mau dilarang.

Aktif- Kreatif - Bertenaga

Aktif- Kreatif - Bertenaga

O ya soal dia meronta-ronta dia kuat sekali sehingga selalu membuat mamanya kewalahan, belum lagi kalo di tempat umum, dia senang sekali lari-lari, menghampiri segala sesuatu yang menarik perhatiannya, ini menjadi masalah ketika dia dekat dengan barang berbahaya atau kendaraan yang lalu lalang, belum lagi keinginannya untuk naek turun tangga….mana dia peduli tangga itu curam atau tidak, contohnya di Gerejaku, anak-anak sebayannya juga keluar pas ibadah tapi mereka duduk manis dengan orangtua atau pengasuhnya masing-masing, sementara Nico sibuk naik rurun tangga, sambil ketawa happy sesekali menunjukan wajah dan teriakan bangga ke mamanya, mungkin pikirnya aku hebat ma, aku bisa ma..dada mama..dada mama….sibuk melambai atau mengisyaratkan pengen dikejar mamanya, tentu aku tidak mengejarnya, semakin dikejar semakin senang semakin cepat larinya..taukah dia mamanya  memaki pakaian formal dan hak tinggi, taukah dia khawatirnya mamanya takut gak bisa mengejarnya, memang aku akui larinnya Nico bisa 2x lipat kemampuan lariku, terlebih dengan sepatu dan pakaianku….itu hanya sebagian trouble maker nya. Pernah juga gini, aku beli parfum ngajak Nico, di toko tersebut dia heboh narik-narik kertas daftar menu parfum yang diatasnya ada beberapa parfum sampel, jatuhlah tu parfum sampel, untung gak pecah, trus dia lari kearah TV, sibuk mau nyalain, berhubung tombolnya beda ma yang di rumah..dia cobalah tuch semua tombol nyari tombol power, tentu saja disertai tatapan gak suka pemilik gerai…pas aku larang dia ganti action dia susun kursi-kursi bulat disitu sedemikian rupa, ketika ak menatap Nico gak suka dia beralibi “drum ma drum ma…”  sambil tangannya sibuk mukulin tuch kursi bikin suara drum. Oh anakku mama 100 % maklum, tapi tahukah kamu ga semua orang juga bisa memaklumimu, maaf jika mama agak kasar membentak mu karena sungguh mama sulit membuat kamu diam sebentar saja…tolong mengerti mama nak……

Bercanda bersama tantenya

Bercanda bersama tantenya

Itu sepenggal suka dukaku mempunyai anak super aktif, jika ada teman yang mempunyai pengalaman yang sama tolong sharingnya, karena sering aku kewalahan dan terpaksa tidak menghadiri suatu acara jika tidak ada yang jaga Nico, karena bisa dipastikan dia akan menjadi troble maker ditempat orang lain.

Leave a Reply

