Anakku alergi susu sapi

Anakku Nicholas saat berusia 7 bulan disinyalir mengalami alergi susu sapi semenjak 6 bulan usianya. Puji Tuhan masa-masastres menghadapi alergi susu sudah terlewati….saat ini aku pengen sharing dan berbagi info biar moms diluar sana tidak lagi merasakan yang kemarin aku rasakan..betapa takut,khawatir dan binggung menghadapi bayinya alergi.
Alergi susu tidak boleh dianggap remeh, karena bila dibiarkan akan menyerang semua organ tubuh, dari ujung kaki sampai ujung rambut, yang bikin aku khawatir adalah alergi bisa menyerang otak….katanya membuat bisa anak autis kelak dan asma…hadeh ngeri banget yang ini. Oleh karena itu ketika anakku mengalaminya pada usia 6 bulan aku sempet khawatir bukan main.
Nicholas bayi mungilku yang lahir pada tanggal 3 september 2009, semasa hamil sebenernya aku udah curiga ketika aku menemukan gerakan aneh di rahimku, bukan tendangan biasa seperti gerakan berirama dan sering sekali terjadi dalam satu hari, lamanya bisa 10 menit bahkan kadang lebih. Setelah aku searching di mbah google ternyata itu adalah cegukan janin..ooh lucunya bayiku bisa cegukan..emang arah gerakannya di posisi kepalanya jadi pastilah itu bener cegukan..tapi karena frekuensinya sering maka aku cros cek ke dokter kandunganku..its fine, begitu kata dokterku saat itu..jadi aku tak pernah mengkhawatirkan hal itu, sampai bayiku lahir semua baik2 saja.
Sampai usia 3 bulan pertumbuhan Nico bisa dikatakan baik-baik saja, aku emang sedikit curiga ketika dia terus menerus cegukan, sering buang angin, napas agak “ngrok-ngrok” dan sering kaya hidungnya mampet, semua itu juga aku konsultasikan ke Dokter Spesialis Anakn (DSA), sedihnya..Nico (ternyata) malah dikasih obat yang gak perlu, itu sebabnya Nico sekarang gak langsung aku bawa ke dokter kalo aku bisa selesein sendiri masalah kesehatan yang ringan-ringan, pengalaman tak enak about DSA dan ketidak jelian orang tua bakalan aku share di cerita berbeda. O iya Nico jarang banget rewel, dia hanya nangis kalo mau bobo saja, awalnya di usia 2 bulan aktif banget ngoceh, lambat laun dia lebih seneng teriak-teriak daripada ngoceh, aku sempet khawatir juga jangan-jangan aku kurang aktif ngajak dia ngobrol, Nico jg menunjukan kalo dia sangat ramah….gemar tertawa keras dan cenderung berlebih untuk usianya, berkeringat di dahi dan kepala walo di ruangan ber AC, dan gerak motoriknya berlebih seperti nggerakin kaki dan tangan gak henti-hentinya sepanjang waktu, kaki dan tangan di jejakin tegang dan bergetar kalo dia tertarik dengan sesuatu dan banyak lg tanda-tanda yang udah ada pada Nico dan sebenernya aku curigai tapi berhubung aku nanya-nanya dibilang semua wajar maka aku tenang-tenang saja.

Sebenernya sebagai seorang ibu aku punya bad feel ama reaksi Nico di atas yang notabene tidak semua anak mengalaminya, kecurigaanku bertambah setelah aku nemu web tentang waspadai bayi alergi sejak dini (aku sertakan di blogku untuk pengetahuan moms skalian) tapi berhubung Nico gak menunjukan gejala nyata seperti diare dan gatal2 maka aku buang jauh-jauh kecurigaanku tersebut.
Menginjak umur 4 bulan aku merasa bobot Nico kok engga naik-naik, kalopun naik dikit banget, padahal minum susu Nico termasuk banyak untuk ukuran usianya, sampe-sampe aku ada perasaan minder kalo bawa Nico ke posyandu, masalahnya bayi seusia Nico ndut-ndut banget, tapi aku berpikir asal Nico sehat dah bersyukur banget. Aku juga mikir karena Nico over aktif jadi energy dari makanannya ke aktivitasnya. Tiap imunisasi dokternya selalu bilang bobot Nico normal, pertumbuhan lingkar kepala dan tingginya juga bagus, jadi sejauh ini aku masih tenang-tenang saja.

Menginjak umur 5,5 bulan Nico mulai sering diare, aku bawa ke dokter di kasih obat macem-macem, sebetulnya kasian banget liat bayi mungilku mesti minum obat, tapi sungguh aku gak tega liat dia lemes karena diare..padahal aku berusaha kasih asupan cairan yang banyak, tapi duh kok diare anakku gak sembuh-sembuh ya..paling sembuh 1 minggu eh..kambuh lagi..hiks hiks sedih banget, tambah sedih pas diare hilang kok malah batuk pilek..jadi dech aku ke DSA lg..lalu dikasih obat macem-macem juga..akhirnya AKU MULAI CURIGA ANAKKU ALERGI SUSU SAPI, pas diare kan Nico disuruh DSA minum susu Nutrilon Low Lactose..diare berhenti tapi pas aku balik ke Nutrilon Royal lagi (susunya), dia diare lagi begitu terus berulang..sampai aku curiga dia emang ga cocok ma susu Nutrilon Royal (catt : padahal anakku minum susu ini dari 6 bulan yang lalu), akhirnya aku ke DSA disaranin pake Susu Soya..akupun beralih ke Nutrilon Soya…Bukannya menyelesaikan masalah, malah timbul masalah baru..lengan dan tungkai kaki Nico bintil-bintil merah karena gatal..duh what happen with my son..rajin deh search di google..ada yang nyaranin pake susu Vitalac BL..beberapa bayi sembuh gejala alerginya dengan susu tersebut..aku coba..trus nyoba susu Nursoy susu kedelai juga..karena ada yang bilang kadang merk satu ga cocok merk laen cocok, trus nyoba juga susu NAN HA..tapi semua sama anakku tetap gatal-gatal di lengan, tungkai, bahkan pipinya..paling sedih lagi kalo dia gatal di kelopak mata dan belakang telinga..Bisa tiba-tiba saja dia njerit-njerit karena gatal dan ngucek-ngucek tuch mata..pas aku lihat udah njendol gede banget kelopak matanya..duh sedih banget lihatnya..pokoknya aku pake metode trial and error. Karena anakku belum ada keluhan alergi berupa gatal biasannya habis ngasih susu aku lihat 45 menit – 3 jam biasanya reaksi akan muncul selang waktu tersebut, untuk BAB aku cek tiap 24-36 jam.

Konsumsi susu..bila gejala tidak membaik..maka aku putuskan ganti susu..suami sampai ketar-ketir..karena biasannya belum habis se kaleng aku dah minta ganti..lha gimana lagi daripada anakku tambah menderita..oya soal makanan aku juga diet..aku selalu catat makanan apa yang dia konsumsi..aku punya jurnal harian jadi hari ini dari bangun tidur dia konsumsi apa ja dan aku catat hasilnya..misal pagi sarapan sup sapi..bahan-bahanya aku tulis..dan apa yang terjadi kemudian missal BAB ijo, masih bintik-bintik merak di kulit dll. Saat itu aku rancu banget karena yang bikin alergi susu atau makanannya..akhirnya aku nyari-nyari bahan makanan yang paling ga bikin alergi..sampe-sampe tiap hari anakku aku kasih ubi,wortel,kentang..itu terus sampai aku nemu susu yang cocok..hampir 3 hari sekali aku bolak balik ke supermarket..liat detail kandungan macam-macam susu, tiap anakku bobo aku search tentang bayi alergi..sampai aku tahu bahwa alergi bisa dicegah dari kandungan, alergi bisa berkurang ketika system imun anak bertambah dan alergi merupakan sakit keturunan yakni 40% pabila ortunya yang alergi, 20-30% jika kakek/nenek dan 15% tanpa ada silsilah alergi di keluarga..alergi juga bisa dicegah dengan ASI eklusive 6 bulan dan diet ketat pas ibu hamil..caranya dengan ngecek bila tendangan janin kuat di dini hari sampai ulu hati ibu sakit dan cegukan terus menerus di rahim..maka biasannya janin tersebut berpotensi alergi..sampai akhirnya aku nyoba susu Nutrilon Pepti Junior (susu ini mahal banget harganya susah banget carinya di pasaran).

Dari website dr. Widodo Judarwanto SpA (Jakarta) aku tau hal itu…so aku nyari-nyari dech tuch susu…Puji Tuhan nemu di Kimia Farma (waktu itu aku domisili di Surabaya) itupun tinggal satu..tapi dapet info dari pegawainya ntar bakalan dipesenin lagi..oya dari salah satu blog ibu yang anaknya alergi aku nemu alamat dokter yang khusus naganin alergi bayi dan anak di Surabaya, beliau adalah Dr. Anang Endaryanto.  Alamat praktek Dr. Anang Endaryanto di Jl. Gayungsari Barat No.6  SURABAYA  Tlp. (031) 8297944, silahkan jika ada yang bingung masalah alergi susu, beliau ahlinya di Surabaya. Makasih baget sama ibu  ituyang  udah posting pengalamannya, aku langsung ke dokter tersebut sambil ketar ketir bener ga ya aku gonta ganti susu buat Nico…Puji Tuhan bener banget dan dokter itu kasih saran emang harus gitu dan untuk kasus Nico susunya musti Nutrilon Pepti Junior (mahal dan susah didapatkan) atau Pregistimil (mahal, pahit banget, ada di beberapa toko susu).

                      

-Hampir semua susu khusus alergi sudah dicoba Nico anakku-
Itulah postinganku mengenai kasus alergi susu sapi yang pernah diderita Nico, untuk artikel-artikel yang berkaitan dengan alergi susu sapi aku posting di blogku ini, aku copy dari web dokter spesialis alergi dan beberapa blog terpercaya, tujuannya hanya sharing informasi karena aku dulu bingung sekali cari info tentang alergi anak. Untuk kelanjutan alergi susu yang bisa merimbas ke hyperaktif, atutism atau gifted, kelak aku tulis di blog ini, karena memang ada runutan ceritanya. Ok bey moms

Leave a Reply

