Manfaat Melatih Mandiri dan Berani

Jika melihat anak kita mandiri dan berani di ajang pertunjukkan kreativitas atau ketika anak kita telah mandiri dan berani pergi sekolah tanpa di tungguin orang tua, tentu kita akan senang. Memang mandiri dan berani bukan hanya bermanfaat sesaat tetapi akan bermanfaat juga ketika si kecil menginjak dewasa. Anak yang mandiri biasanya berani dan anak yang berani tidak semuanya mandiri. Manfaat melatih mandiri dan berani memang banyak keuntungannya, berikut ini beberapa manfaatnya :

  • Belajar menganalisa Jika anak terbiasa untuk mandiri dan berani, dia akan berkembang kemampuan untuk menganalisa suatu kejadian. Dia akan memahami sesuatu dari akibat, sebab-akibat, aksi reaksi, dan sebagainya. Meskipun didalam pemikiran yang sederhana.
  • Bertanggung jawab Manfaat yang lainnya adalah bertumbuhnya sifat untuk lebih bertanggungjawab, seperti melatih anak untuk meletakan peralatan makannya (piring atau gelas) di dapur. Aktifitas ini dapat mendidik si anak untuk mandiri dan sekaligus melatih anak untuk bertanggungjawab agar peralatan makan atau piring/gelas tidak pecah karena jatuh.
  • Mengembangkan daya tahan mental Ketika si kecil lahir, dia telah mempunyai insting untuk berekplorasi, seperti ketika dia melihat sesuatu atau seperti mencari sesuatu. Tetapi kadang-kadang kita membatasi ‘kegiatan’ tersebut, jika kita bisa memahaminya, si anak dapat mandiri dan berani serta dapat meningkat daya tahan mentalnya.
  • Life skill Life skill biasanya akan lebih terasa ketika dia telah besar atau dewasa. Mandiri dan berani merupakan salah satu pondasi dari life skill itu, jika kita melatihnya ketika sejak kecil, manfaat yang diperolah akan dirasakan jangka pendek dan panjang.
  • Mengembangkan pikiran kritis Anak yang mandiri dan berani akan mampu mengelolah permasalahannya sendiri sehingga pikiran kritis pun akan tumbuh. Tetapi jika anak terlalu dekat dengan orang tuanya, ada kalanya berkembang menjadi individu yang kurang mandiri dan atau kurang berani, ketika dia menghadapai permasalahannya, dia akan ‘menuntut’ orang tua atau orang sekitarnya untu menyelesaikannya untuk dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: