Tentang Mata Bayi Belekan

Dalam keadaan normal air mata itu terus-menerus dibentuk kelenjar air mata (glandula lacrimalis) yang terletak di samping luar atas bola mata. Dalam keadaan normal bola mata akan selalu dibasahi air mata yang penting untuk nutrisi dan kelembapan bola mata.

Air mata ini mengalir dari samping atas mata mengalir menuju bawah tengah dan bermuara pada lubang yang letaknya di kelopak mata bawah dekat hidung (kalau Ibu perhatikan di tempat itu tampak seperti ada titik yang sebenarnya lubang tempat air mata bermuara). Melalui lubang ini air mata akan terus mengalir kearah bawah menuju tenggorokan.

Saluran air mata ini disebut ductus nasolacrimalis. (Ingat, kalau mata kita ditetesi obat tetes mata yang pahit, rasa pahit akan terasa karena obat masuk ke tenggorokan). Nah dugaan saya ada sumbatan pada saluran ini mungkin oleh kotoran-kotoran yang memadat atau ditambah ada bagian saluran yang menyempit sehingga arus aliran air mata tersendat.

Jika aliran terganggu/tidak lancar, bakteri akan tumbuh berlebihan, sehingga terjadi peradangan/infeksi yang ditandai banyaknya tahi mata yang sebenarnya nanah. Jadi, pengobatannya di samping antibiotik yang diminum dan diteteskan kemata juga perlu upaya menghilangkan sumbatan tadi.

Ibu bisa mencoba memijat dengan telunjuk jari Ibu mulai dari arah atas tengah (muara air mata kanan tadi) di urut ke arah bawah tengah berkali-kali, sehari dua kali. Tentunya tetap obat tetes mata diberikan. Biasanya dari pengalaman dalam 1–2 pekan sumbatan itu akan hilang dan mata sembuh dan tidak belekan lagi.

Bila penyakit tetap berulang, sumbatan itu harus dihilangkan dengan memasukkan kawat dengan bahan tertentu yang lentur. Tapi ini bisa dilakukan setelah bayi berumur 1 tahun atau lebih. Karena untuk bayi di bawah 1 tahun, diameter kawat tadi masih lebih besar dari diameter saluran air mata.

Selamat mencoba dan jangan lupa jaga kebersihan selalu cuci tangan dahulu sebelum dan sesudah melakukan masase. Dan pakai juga pelicin seperti baby oil atau minyak kelapa supaya mengurang lecet pada kulit bayi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: